Kiat Pilih Busur Panah yang Baik

Telah tidak diragukan lagi, interogasi tentang tips memilih gendewa panah yang tepat, adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyain sama orang2 yang segar mulai permainan panahan.

Dikategorikan kami semua dahulu. Agar lebih yakin dan gak keliru.

Terselip beberapa trik dan sesuatu penting nih yang kudu diperhatikan jika Anda ingin membeli 1 buah peralatan panahan.

Secara, panahan itu kan sebuah sports yang memerlukan konsistensi & ketekunan level tinggi.

Kalau Anda berfikir olahraga yang satu itu bisa dikuasai hanya dengan beberapa bengawan berhasil pas mengenai bidikan, berarti Engkau memiliki kesadaran yang lengah.

Karena memanah tidak semudah kelihatannya.

Yaa mungkin pula ketika Dikau melihat seseorang bermain panahan, memang tampil sangat mudah, tapi belum tentu dalam prakteknya.

Selain harus bisa mengatur segmen dari luar seperti petunjuk kecepatan gas dan titik sudut.

Memanah juga membuthkan keterampilan di dalam settingan alat, maupun tekniknya, supaya Anda bisa terlalu menembakan pada setiap anak panahnya dengan kinerja yang optimal.

Gimana dapat hal itu tercapai kalo kita cuma menagndalkan panah pinjeman mempunyai teman?

Akur walaupun tidak papa pun, tetapi kalau Anda mau untuk mengamati bidang sports yang mono ini, dipastikan hukumnya wajib bagi Engkau untuk memilikinya sendiri.

Tapi kalau dilihat melalui muka yang lain, bahan yang dipakai dalam olahraga memanah pun bsia dibilang bukan kira-kira yang murah.

Jadi di setiap Anda ingin membeli salah satunya, Anda harus teliti di dalam milih, mana yang benar-benar dibutuhkan, dan mana yang sifatnya seharga sekedar untuk aksesoris.

Bahwa semisal sungguh beli tetapi ternyata tidak cocok, kan kalau dijual lagi pun kemungkinan besar nggak akan balik modal.

Nah, untuk awal-awal memang cara terbaik untuk mengetahuinya ialah menggunakannya terlebih dahulu, sekadar coba-coba lah, bisa secara meminjam punya teman, ataupun punya klub panahan.

Biasanya sih senang ke union yah minjemnya. Karena bahwa di klub-klub memanah, lazimnya ada lebih banyak pilihan tolok ukur, maupun bobot tarikan dari busur panahanya.

Jadi Dikau bisa swatantra memilih mana yang lebih tepat untuk Anda sendiri, dan lazimnya yang gemar itulah yang nantinya Kamu bisa beli.

Setelah Engkau memang telah memiliki panduan yang manatap untuk mengamati bidang sports ini, pertama-tama mulailah untuk berlatik teknik-tekniknya, sambal langsung mengimbanginya secara berlatih.

Nah, kalau ngerasa sudah medapati busur bahkan panahan yang cocok, segar deh Kamu bisa mencari akal beberpa sesuatu berikut, serupa acuan saat Anda ingin membeli sebuah set panahan.



#1 – Menentukan Implementasi Panahan
Pendapat kami, sesuatu inilah yang menjadi tempat pertama yang harus diputuskan, apakah Kamu Pengguna Right Gripper, / Left Gripper.

Sebagian gede para pemanah yang siap di jagat adalah pemanah yang menggunakann tangan daksina (tangan kiri yang megang busur, dan tangan kanan yang menarik string).

Akan tetapi bukan bermanfaat Anda harus ikut-iktanan mana yang cenderung kok. Kesimpulannya kembali saat Anda seorang diri, tangan mana yang lebih nyaman digunakan untuk memanah.

Selain tangan yang getol penting di dalam memanah, kesayangan juga menjadi anggota badan lain yang sangat berlaku karena diterapkan untuk mengarahkan sasaran.

Setara halnya dengan tangan, penerapan mata dalam memanah pun bisa mempergunakan mata yang kiri (kidal).

Istilahnya ialah eye dominance, nah itu juga cantik lagi ke Anda, lebih nyaman menggunakan yang mana?



#2 – Jenis busar
Kalau segmen yang satu ini, hampir sepenuhnya mengenai masalah keinginan, dan sisanya masalah dana.??

Apabila dilihat dari harganya, dibidang panahan ada banyak sekali preferensi jenis lung yang dapat digunakan, misalnya seperti recurve bow, long bow, horsebow, compound, serta yang lain sebagainya.

Semua jenis-jenisnya, memiliki tambah minus-nya masing-masing.

Untuk sengketa harga, busur olympic recurve bow dan compound bow adalah spesies yang termahal dalam dunia memanah, hanya untuk starter kit-nya saja, ongkos yang dibutuhkan bisa sampai 10 juta ke atas.

Belum lagi bahwa Anda menginginkan peralatan- bahan memanah yang terbaik semua, wah bisa-bisa habis puluhan juta.

Nah, untuk Anda yang mempunyai low budget. Tenang, Kamu tidak sendirian kok, disana masih besar kok orang yang mempunyai budget yang serupa, apalagi untuk orang-orang yang biasanya mutakhir mau start hobi panahan.

Diantaranya, tersedia beberapa macam busur yang lumayan mantap kualitasnya, namun untuk gatra aspek harga, juga masih sanggup menjadi saran.

Hanya sekadar gambaran pajak saja yah, jangan dikira apa-apa nih.



#1 – Standard bow

Sebenernya species yang satu ini merupakan jenis recurve bow, tapi dalam tipe general-nya.??

Untuk harga panahannya, standard bow biasa sampai kisaran 3 juta, ini pun asesorisnya sudah cukup lengkap.

Lamun hanya sekadar busurnya selalu, kenanya di kisaran pangkat 1, 6 juta.

Sejumlah contoh panahan denga antaran yang semua lengkap, antaralain:

Handle – Pegangan utama
Limbs – Bagian pegas pada panahan
String – Tali di dalam panahan
Tas panah
The arrow – Anak tanda
Finger tab – Patron jari
Arm guard – Pelindung tangan
Arrow rest – Teritori anak tanda pada bagian kepil busur
Bow stringer – Alat tambahan yang diterapkan untuk menarik anak busur


#2 – Horse bow

Mungkin diantara para pembaca ada yang berfikir,.. “hmm panah kuda”, mungkin busur yang digunakan sama pion.

Yup, nggak salah-salah banget sih. Biasanya horse bow itu merupakan sebuah penunjuk yang cocok apabila digunakan sambal menjalankan kuda.

Mamak ada penunjuk yang nggak cocok, pada waktu sambal menunggang kuda? Jawabannya ada.

Nah, busur yang satu itu memiliki personalitas ukuran yang relatif singkat, walaupun siap juga yang berukuran jenjang.

Material yang seringkali diterapkan sebagai bahannya adalah, bamboo ataupun kayu.

Busurnya seorang diri terdiri daripada 3 unit utama, yakni handler gendewa, dustar (bagian lengan yang dapat menyelimpang ketika gendewa ditarik), & siyah (bagian kaku yang terdapat di ujung-ujung gandi, tempat untuk mengaitkan utas busur).

Selain itu, rupa panah yang satu ini juga seringkali disebut dengan busur reflex.

Kenapa? Pokok busur tersebut, umumnya mempunyai bentuk letter C ketika belum dipasangkan dengan utas.

Serta, harus diregangkan terlebih dahulu pada ingin dipasangkan tali.

Kekuatan dari busur horse bow, bisa dianggap juga tidak kalah degan busur yang lainnya, karena memiliki kelakuan potential pegas yang buntal pula.

Nah, karena besarnya kekuatan serta efektifits di panah horsebow, membuat busur yang tunggal ini sempurna banyak diinginkan oleh suku, sehingga persediaannya seringkali selesai.

Untuk menerima permintaan rekan yang siap, akhirnya getah perca produsen panahan membuat sebuah busur yang mirip laksana horse bow, namun material yang diterapkan berbahan fiber.

Diantaranya, juga ada yang terbuat dari PVC.

Terlebih, sekarang tidak segelintir juga terang horse bow yang disusun oleh produsen lokal. Oleh karena itu otomatis, pangkat panah yang ditawarkan pula termasuk benar murah.

Beberapa diantaranya tersedia yang mencapai berbatas menjualnya beserta harga 700 ribu yen.

Bahan yang digunakan adalah fiber & kayu.

Yang mana kalau diperhatilkan, mutu tesebut sudah biasa cukup murah. Apalagi kalau sudah termasuk finger tab dan arm guard-nya.

Lumayan tambahan, untuk anak panahnya biasanya belum satu antaran ketika Anda membelinya, namun demikian umumnya bujang panah dijual secara terputus.

Horsebow serat

Ada soulusi lain nih kalau Kamu menginginkan horse bow yang lebih murah, yakni busar dengan bahan PVC (paralon).

Yang paling murah, horse bow dibandrol dengan harga 450rb.

Tetapi kami nggak bisa memastikan loh ya, apa saja alat-alat yang ada dalam dalamnya, seminimal- minimalnya gandi sama talinya lah yaa.

#3 – Busur Tradisional

Mirip menyerupai horse bow, material yang digunakan sama-sama kayu dan bambu, perbedaannya ada pada desainnya.

Lamun horse bow di design secara sempurna supaya riang dan ringan digunakan saat sambal berkuda, nah pada waktu yang konvensional, hanya di desain tentu seperti panahan pada biasanya.

Harga yang di bandrol sekitar 650 ribu rupiah, belum dikategorikan aksesoris lainnya, seperti bujang panah, finger tab, serta arm guard.

#4 – Busur PVC

Bisa dibilang, busur ini lah yang paling murah diantara semuanya.

Tetapi untuk kualitasnya, kami pun tidak menyarakan kalau Kamu benar-benar ingin menekuni lebar olahraga yang satu ini, lebih elok Anda membeli standard bow yang telah lengkap beserta segala peralatannya.

Material handle yang dimanfaatkan pada busar PVC berbahan dasar atas kayu, berbeda dengan untuk limbs-nya yang umumnya digunakan adalah PVC yang diisi secara bambu.

Pangkat yang diberikan oleh penjual umumnya berkisar antara 300-400 ribu rupiah.


#3 – Ukuran Gandi
Nah, segmen lainnya yang perlu diperhatikan adalah, ukuran riser penunjuk, atau konvensional dikenal pun dengan gandi.

Khususnya untuk “standard bow recurve ” dan “olympic style recurve “, dari berbagai jenisnya, beberapa diantaranya ada tolok ukur busur tertentu yang mampu disesuaikan secara postur badan.

Yap tidak lain karena postur tubuh lah yang akan menawan seberapa berjarak tarikan yang dibutuhkan(draw length).

Nah, lunas length ini lah yang akan menjadi teladan Anda, untuk memilih mana ukuran gendewa yang jelas untuk dipakai.



#4 – Berat Rampasan (Draw Weight)
Nah, kesalahan yang paling banyak terjadi begitu seseorang mengambil panah merupakan, membeli terang yang terlalu berat, tujuannya biar gak perlu beli-beli lagi.

Barangkali awalnya Kamu berpikir hendak terbiasa nantinya, tapi bukan pada walhasil.

Hal berikut pula yang biasanya tercipta untuk Kamu yang tetap pemula, sejumlah diantara aku juga berbuat hal ini dulu, & hasilnya gak memuaskan laksana ekspektasinya.

Kenapa? karena di tahap dahulu belajar panahan, hal yang paling utama adalah mempelajari teknik.

Nah, kalau tubuh kita aja perlu usaha yang komisi hanya sekedar untuk mempesona string, bukannya teknik yang diperhatikan, malah nantinya hendak kesusahan seorang diri ketika ingin menembak.

Belum lagi kejituan tembakan yang dilepaskan pun bakal hancur-hancuran, dikarenakan kesulitan untuk mengolah kekuatan rampasan.

Tenang, nggak usah malu kalau semisal Anda adalah seorang lelaki yang kualitas kalau kalau cuma memikat busur secara kapasitas 20 lbs.

jual panah Hal itu sungguh wajar mengapa, karena otot yang digunakan untuk memanah, adalah otot yang rumpang digunakan sehari-hari pada aktifitas biasanya.

Sekutil catatan nih ya, kursus memenag ini membuthkan konsistensi dan ketegaran yang semua, dan latihannya bisa hingga berjam-jam.

Kan percuma bahwa punya busur draw weight dengan rampasan yang buntal kalau cuma bisa memikatnya 10 x doang, abis itu langsung tepar, yah, nggak mau memberikan wibawa yang gede untuk kedepannya.

Lebih elok menggunakan lung yang teratur saja, tapi hasil konklusi dari latihan yang diterapkan, matang dengan sempurna.

Gandi dengan tarikan 20-30 lbs juga tetap bagus mengapa, dan reses yang mampu dicapai siap sampai 20 meter, kiranya lebih.

Kendi kalau seharga untuk pertentangan indoor, semuanya sekedar 18 meter.

Coba-coba aja dulu punya pinjem punya temen, dan lihat.

Mana yang menurut Anda cukup mudah, dan semua sanggup untuk menariknya hingga berjam-jam.

Tujuannya tidak beda supaya latihan yang dikerjakan lebih sempurna kok.

Nah, ketika setelah Anda sungguh mulai terbiasa, baru deh bisa coba-coba dinaikan sedikit demi sedikit draw weight–nya.

Dinaikan beserta kapasitas dibawah 5 lbs masih cukup enak kok untuk penyesuaiannya.

Tidak mesti beli mengapa, salah saeorang dari kita sendiri relasi barter. Jajal aja Memampangkan di sosial media, insyaalla ada saja setelah peminatnya.??

*Catatan, untuk standard bow, limbs yang ada mulai dari 18-40 lbs.

Untuk nambahnya kelipatannya, biasanya tiap-tiap 2 lbs.

Biasanya orang-orang yang pertama mulai memanah, menggunakan rampasan yang 24 lbs, tersebut pun pun mayoritas sedang gemeteran pas menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *